Minggu, 09 Agustus 2020

TUGAS KB 2 - Penguatan Integritas

 


Kasus: Anda seorang guru muda berintegritas. Anda diangkat  menjadi guru di sekolah di mana lingkungan masyarakat tidak begitu peduli pada pendidikan. Kerap terjadi tawuran, pergaulan bebas, bahkan  bullying.  Sementara para guru senior merasa tidak ada lagi upaya memperbaiki keadaan. Lagi pula hal itu di luar tugasnya sebagai guru bidang studi. Terlebih akan menyita waktu, energi dan perhatian. Ada juga guru seni -or yang peduli tapi mereka terkucil. Terdapat grup-grup di kalangan guru yang saling bertentangan. Sebagai guru berintegritas, anda menguatkan tekad untuk memperbaiki keadaan dengan perencanaan yang matang.

Pertanyaan:

1.    Buat pengondisian kelas sebagai penguatan integritas, sebagai berikut:

a. Jika anda guru kelas, susun perencanaan yang rapi terukur untuk satu hari kegiatan pembelajaran sesuai landasan dan prinsip penguatan integritas.

b. Jika anda guru mapel susun rangkaian pembelajaran dalam satu kali pertemuan agar peserta didik terkondisi untuk mengamalkan perilaku berintegritas dalam pembelajaran yang anda lakukan sesuai landasan dan prinsip penguatan integritas.

2.    Buat rencana penguatan integritas berikut:

a.     Buat rencana penguatan integritas untuk satu semester di kelas anda (atau di mapel yang anda ampu) berupa aktivitas harian, mingguan, bulanan dan satu se-mester. Dokumen rencana dibuat inovatif dan bebas sesuai dengan kemampuan;

b. Buat rencana penguatan integritas inovatif di sekolah di mana suasana di sekolah sangat tidak mendukung upaya praktek berintegritas yang dilakukan;

3.   Buat RPP tema/mapel secara singkat yang memuat tahapan pembelajaran, indikator, alat bahan dan instrumen penilaian. Dalam tahapan yang dilakukan munculkan kegiatan dirancang konsisten dengan penguatan integritas.


JAWABAN

1.  Perencanaan pembelajaran Guru Kelas sesuai landasan dan prinsip penguatan integritas.

a.    Pembiasaan Hidup Disiplin

Mengecek kehadiran siswa, ketepatan waktu dating ke sekolah dan kebersihan berpakaian.

b.    Pembiasaan Hidup Jujur

Melakukan komunikasi dengan siswa  tentang kewajiban mereka sebagai umat yang beragama apakah selalu taat dalam beribadah.

c.    Pembiasaan Hidup Tanggung Jawab

Menghimbau pada semua siswa yang untuk selalu membersihkan kelas sebelum masuk dan pulang sekolah sesuai jadwal yang telah di tetapkan.

d.    Pembiasaan Menghormati Sesama

Melihat siswa ketika datang atau pulang sekolah selalu bersalaman atau bertegur sapa baik dengan guru atau teman nya

2.    Rencana Penguatan Integritas

a.    Rencana penguatan harian

b.    Rencana a.    Mingguan dan Bulanan

c. Target Pencapaian Penguatan integritas Satu Semester

3.    Contoh RPP yang memuat Penguatan Integritas

Unduh Disini










5 komentar:

  1. alhamdulilah , makasih pak , izin mendalami ya .. bilah perlu update lagi pak . makasih bantuan nya

    BalasHapus
  2. Sama-sama, saya cuma ingin berbagi, bukan berarti jawaban saya disini benar, semoga dapat menjadi referensi.

    BalasHapus
  3. Terima kasih pak.. buat referensiny.

    BalasHapus
  4. saya senang berkunjung kesini,,makasih admin,,sangat membantu sebagai referensi dan persiapan awal menjalani PPG daring

    BalasHapus
  5. terima kasih Pa, sangat membantu untuk referensi

    BalasHapus