TES FORMATIF
MODUL MEDAGOGIK 1 KB 2
1. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar
berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami
materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses
pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
a. Media gambar
b. Media benda nyata
c. Media grafis
d. Media poster
e. Media cetak
2. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari
itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah
menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing.
Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:
a. Status Sosial
b. Moral
c. Etnik
d. Minat
c. Motivasi
3. Pak Adit seorang guru SMP X,
ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari
berbagai latar belakang kondisi
keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi
pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan
perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
a. Minat
b. Motivasi
c. Etnik
d. Kultural
e. Status social
4. Pak Anton ketika akan
melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes
terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan
yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan
topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta
didik dalam hal:
a. Kemampuan awalnya
b. Motivasi belajarnya
c. Perkembangan sosialnya
d. Perkembangan emosinya
e. Perkembangan motoriknya
5. Guru A ketika melakukan proses
pembelajaran selalu menggunakan media,
kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan
poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran
dilakukan demikian karena pertimbangan:
a. Etnik peserta didik
b. Gaya belajar peserta didik
c. Gender peserta didik
d. Minat peserta didik
e. Kultural peserta didik
6. Pak Aris merupakan guru kelas
V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal
daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan
karakteristik peserta didik terutama:
a. Etnik
b. Minat
c. Gender
d. Status social
e. Kultural
7. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:
a. Motivasi
b. Kultural
c. Sosial
d. Status sosial
e. Etnik
8. Perkembangan moral peserta
didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan:
a. Akibat perbuatan
b. Persetujuan orang lain
c. Kontrak/imbal jasa
d. Ketertiban sosial
e. Hati nurani
9. Peserta didik dalam suatu
kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun
kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar
dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
a. Menggunakan metode ceramah,
diskusi, tanya jawab.
b. Menggunakan program audio dan modul.
c. Menggunakan media komik
pembelajaran dan buku paket.
d. Menggunakan media audio,
video, dan percobaan.
e. Menggunakan modul dan powerpoint.
10. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik
kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
a. Meronce membuat kalung
b. Menendang bola
c. Memasang puzzle
d. Mewarnai pola
e. Menjiplak huruf
KUNCI JAWABAN
0 komentar
Posting Komentar