TES FORMATIF
MODUL MEDAGOGIK 1 KB 3
1. Teori
belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar
dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….
a. Kognitivistik
b. Behavioristik
c. Konstruktivistik
d. Humanistik
e. Rekonstruktivistik
2. Apabila
dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan
respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya
apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....
a. Conditioning
b. Trial
and error
c. Shaping
d. Konseptualisasi
e. Stimulus
respon
3. Contoh
penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik
pembelajaran adalah….
a. Membimbing
siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
b. Menyediakan
atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan
membantu mereka kengekspresikan gagasannya
c. Memberikan
stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
d. Memahami
tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran
sesuai dengan tahap tersebut
e. Memberikan
penjelasan pengetahuan baru
4. Seluruh
komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang
ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai
aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ….
a. Behavioristik
b. Kognitivistik
c. Konstruktivistik
d. Humanistik
e. Sibernetik
5. Aliran
ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif
berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang
dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta
didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori….
a. Behavioristik
b. Kognitivistik
c. Konstruktivistik
d. Humanistik
e. Sibernetik
6. Menurut
Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui
gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar
melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan
dari......
a. Enaktif
b. Intuitif
c. Ikonik
d. Simbolik
e. Konflik
7. Pada
tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....
a. Mampu
memecahkan masalah
b. Mampu
membuat peraturan
c. Mampu
memahami sebuah kejadian
d. Mampu
mengalami sebuah kejadian
e. Mampu
memahami permasalahan
8. Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
a. Kemampuan
berkomunikasi
b. Kemampuan
untuk memecahkan masalah
c. Kemampuan
berinteraksi
d. Kemampuan
untuk mengintegrasikan diri
e. Kemampuan
mengemukakan pendapat
9. Dibawah
ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….
a. Belajar
teknis
b. Belajar
praktis
c. Belajar
aktif
d. Belajar
emansipatoris
e. Belajar
konsep
10. Di
dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia
bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial
and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau
menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu.
Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
a. Kognitivistik
b. Humanistic
c. Behavioristik
d. Konstruktivistik
e. Sibernetik
0 komentar
Posting Komentar