Senin, 10 Agustus 2020

Tes Formatif - Modul Pedagogik 1 - KB 3

TES FORMATIF

MODUL MEDAGOGIK 1 KB 3


1. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar….

a. Kognitivistik

b. Behavioristik

c. Konstruktivistik

d. Humanistik

e. Rekonstruktivistik

 

2. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....

a. Conditioning

b. Trial and error

c. Shaping

d. Konseptualisasi

e. Stimulus respon

 

3. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah….

a. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

b. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

c. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

d. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

e. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

 

 

4. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ….

a. Behavioristik

b. Kognitivistik

c. Konstruktivistik

d. Humanistik

e. Sibernetik

 

 

5. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori….

a. Behavioristik

b. Kognitivistik

c. Konstruktivistik

d. Humanistik

e. Sibernetik

 

 

6. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......

a. Enaktif

b. Intuitif

c. Ikonik

d. Simbolik

e. Konflik

 

 

7. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah.....

a. Mampu memecahkan masalah

b. Mampu membuat peraturan

c. Mampu memahami sebuah kejadian

d. Mampu mengalami sebuah kejadian

e. Mampu memahami permasalahan

 

8. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

a. Kemampuan berkomunikasi

b. Kemampuan untuk memecahkan masalah

c. Kemampuan berinteraksi

d. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

e. Kemampuan mengemukakan pendapat

 

9. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….

a. Belajar teknis

b. Belajar praktis

c. Belajar aktif

d. Belajar emansipatoris

e. Belajar konsep

 

10. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….

a. Kognitivistik

b. Humanistic

c. Behavioristik

d. Konstruktivistik

e. Sibernetik

 


KUNCI JAWABAN












0 komentar

Posting Komentar