TES FORMATIF KB 4
MODUL PEDAGOGIK 1
1. Kurikulum sebagai seluruh
aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas
berarti....
a. Menyusun daftar mata pelajaran
yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh pembelajaran di kelas
b. Menyusun rancangan kunjungan ke
kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sain
c. Menyusun aktivitas
pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolah
d. Menyusun modul pembelajaran
yang memuat aktivitas belajar siswa
e. Menyusun daftar isi bahan
pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaran
2. Kurikulum Indonesia telah
mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan dalam jenisnya,
kurikulum yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum …
a. Kurikulum berbasis pada
pencapaian tujuan
b. Kurikulum berbasis pada
pencapaian proses
c. Kurikulum sebagai rencana
pelajaran
d. Kurikulum berbasis pada kompetensi
e. Kurikulum berbasis konten
pembelajaran
3. Nilai-nilai kehidupan dan
budaya dalam masyarakat senantiasa berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya
mewariskan nilai dan budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih
nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut
merupakan …
a. Peran konservatif
b. Peran kritis dan evaluative
c. Peran kreatif
d. Peran social
e. Peran sumatif
4. Di bawah ini merupakan kajian
pokok implementasi kurikulum, kecuali ...
a. Mengembangkan program
b. Pelaksanaan Pembelajaran
pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Evaluasi proses yang dilaksanakan
e. Merancang dokumen kurikulum
5. Kurikulum bukan hanya
dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan silabus, namun juga harus
dipandang sebagai …
a. Seperangkat alat pembelajaran
yang harus disesuaikan dengan peserta didik
b. Seperangkat dokumen yang harus
dilaksanakan
c. Rincian jadwal pelajaran
d. Materi yang harus disampaikan
kepada peserta didik
e. Seperangkat tujuan pembelajaran
6. Dalam pelaksanan kurikulum
2013, peserta didik memerlukan berbagai macam sumber literasi untuk menunjang
berbagai macam bacaan dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak
memilikinya. Hal tersebut merupakan hambatan dari salah satu factor …
a. Factor lingkungan sekolah
b. Factor sarana dan fasilitas
c. Factor budaya dan ideology
d. Factor administrasi
e. Faktor sekolah
7. Ada beberapa hal yang perlu
dipertimbangkan oleh seorang guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu tujuan
Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini
berarti …
a. Guru menyusun program
pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan nasional
b. Guru menyusun program
pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan yang
ditetapkan.
c. Guru menyusun program
pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi, misi,
tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat
d. Guru melakukan pembelajaran
hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.
e. Guru melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting.
8. Menurut Friedman, perkembangan
teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan
perkembangan teknologi. Dalam pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut
bisa diartikan dan digunakan untuk …
a. Identifikasi perkembangan
zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi.
b. Mengidentifikasi perkembangan
teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam
beradaptasi dengan teknologi
c. Mengintegrasikan teknologi ke
ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
d. Guru tidak melarang, membatasi,
maupun memberikan edukasi
e. Memberi kebebasan belajar
dengan HP
9. Seperti apa yang dikatakan
oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa
mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang
harus dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah
…
a. Tidak menganjurkan peserta
didik untuk membawa alat teknologi
b. Membebaskan peserta didik
menggunakan alat teknologi di dalam kelas
c. Mengintegrasikan teknologi ke
ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
d. Guru tidak melarang,
membatasi, maupun memberikan edukasi
e. Memberi kebebasan belajar
dengan HP
10. Dalam kurikulum 2013, terdapat
integrasi antara ilmu pengetahuan dan karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru
program baru UNESCO yaitu …
a. Ekonomi, manusia, lingkungan,
dan sosial diintegrasikan
b. Pikiran dan benda terintegrasi
dalam pengembangan
c. Sains dan nilai religius
terintegrasi
d. Pendidikan merupakan integral
dari semua perkembangan
e. Pendidikan untuk semua
0 komentar
Posting Komentar