MODUL 3 PEDAGOGIK – PEMBELAJARAN INOVATIF
A. Seorang
guru SD menyelenggarakan pembelajaran STEAM dimana siswa diberikan masalah
untuk dipecahkan secara berkelompok. Masalah yang harus dipecahkan siswa adalah
bagaimana tiap kelompok dapat membentuk 3 (tiga) struktur bangunan apa saja yang
mampu menyanggah sebuah bola basket. Siswa dibekali peralatan seperti karet gelang,
lidi, dan koran dengan jumlah yang sama antar kelompok. Selain membentuk
struktur bangunan, siswa harus melakukan uji coba ketiga struktur yang telah
dibuat untuk mengetahui daya tahan saat menyangga bola basket dalam waktu
tertentu. Sebagian besar siswa terlihat antusias untuk memecahkan permasalahan
yang diberikan oleh guru, tetapi ada beberapa kelompok siswa yang terlihat tidak
memiliki minat atau tidak memiliki kepercayaan bahwa masalah tersebut bisa
dipecahkan. Menurut Anda, bagaimana agar siswa yang tidak berminat menjadi
berminat dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik?
B. Penting sekali setiap guru memiliki rancangan dokumen pembelajaran STEAM sebelum ia melaksanakan pembelajaran. Buatlah desain pembelajaran STEAM menggunakan model Project Based Learning (Pembelajaran Berpusat pada Masalah), berdasarkan level pendidikan yang menjadi tanggung jawab Saudara dalam menyelenggarakan pembelajaran.
C. Coba Anda lakukan identifikasi terkait ragam model “blended learning” yang memungkinkan dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah Anda.
D. Coba
Anda lakukan identifikasi terkait ragam platform atau aplikasi yang dapat
digunakan untuk mendukung model pembelajaran blended learning di sekolahmu?
JAWABAN
0 komentar
Posting Komentar