Kamis, 13 Agustus 2020

Tugas Diskusi Kelompok Modul 2 Pedagogik - Pembelajaran 1

 

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum diskusi ini untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai materi yang telah disampaikan di atas, Coba Anda diskusikan beberapa topik yang disajikan berikut dengan teman-teman kelompok di kelas Anda! 
Silahkan pilih topik yang menurut Saudara penting untuk dibahas.  

Kegiatan Belajar 1:

  1. Lakukan pengamatan apakah terdapat fenomena pembelajaran abad 21 yang terjadi pada peserta didik di tempat Saudara menjalan tugas mengajar sehari-hari? Berikanlah deskripsi secara rinci dan jelas.
  2. Rumuskan bagaimana strategi Saudara untuk mengakomodir kebutuhan belajar peserta didik Saudara? Berikan gambaran singkat dalam suatu skenario pembelajaran singkat.

Kegiatan Belajar 2:

  1. Menurut Saudara tugas pokok dan fungsi guru manakah yang menjadi prioritas dikembangkan terkait kesiapan Saudara untuk menjadi guru yang idel untuk abad 21?
  2. Diskusikan bersama kelompok profil guru yang memesona menurut versi kelompok Saudara lalu berikan penjelasan seperlunya

Kegiatan Belajar 3:

  1. Penyesuaian-penyesuaiantugaspokokapasajayangdiperlukanolehSaudara sendiri dan teman sejawat dalam Satuan Pendidikan dimana Saudara mengabdi?
  2. Bagaimana strategi yang dilakukan untuk melakukan penyesuaian- penyesuaian tersebut?

Kegiatan Belajar 4:

  1. Lakukan analisis perbedaan mendasar antara guru sebagai profesional yang mengajar (professional teaching) dan guru sebagai profesional yang belajar (professional learning).
  2. Rancanglah program pengembangan diri untuk satu tahun kemudian diskusikan bersama teman-teman saudara. Apa yang membedakan satu sama lainnya?

 

1 komentar: