Kamis, 13 Agustus 2020

Refleksi Modul Pedagogik 2 - Karakteristik Pembalajaran Abad 21

 

KARAKTER YANG HARUS DIMILIKI GURU PADA ABAD 21

Suksesnya pendidikan tergantung dari keberhasilan pelaksanaan pembelajaran di kelas, sedangkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tergantung pada guru, karena guru merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran. Bagaimanapun sempurnanya sebuah kurikulum tanpa didukung oleh kemampuan guru, maka kurikulum itu hanya sesuatu yang tertulis dan tidak memiliki makna.

Perkembangan zaman yang diiringi dengan perkembangan teknologi telah membawa dampak perubahan yang sangat besar dalam kehidupan bermasyarakat termasuk dalam pola pikir generasi saat ini atau sering disebut dengan generasi milenial. Perkembangan ini berdampak juga terhadap dunia pendidikan dimana guru tidak dapat lagi mengajar seperti mengajar generasi sebelumnya (baby boomers, X, Y) karena generasi yang diajar sudah berbeda.

Namun dampak perkembangan zaman dan tekhnologi memberikan dampak positif dan negatif bagi peserta didik, fasilitas tekhnologi seperti smartphone dan laptop atau yang lainnya jika digunakan tanpa pengawasan akan memberikan dampak positif bagi perkembangan pendidikan peserta didik, maka dari itu disinilah peran guru sebagai mitra belajar yang dekat dengan peserta didik dapat memberikan pemahaman-pemahaman tentang cara penggunaan dan pemanfaatan TIK dengan benar, sehingga akan tertanam di dalam diri peserta didik untuk melakukan hal positif dalam penggunaan tekhnologi walaupun tanpa bimbingan orang lain.

Pembenahan karakter guru terasa sangat penting dalam melakukan perubahan dunia pendidikan, jangan sampai guru sudah berada pada industri 4.0 tetapi karakter guru masih 3.0 tentunya output dunia pendidikan tidak akan diterima oleh dunia industri karena bagaimanapun juga dunia pendidikan harus mampu mengikuti perkembangan dunia industri.

Sebagai salah satu contohnya adalah dalam hal menggunakan metode pengajaran, masih banyak guru yang dalam proses pembelajarannya lebih banyak menggunakan metode ceramah, sama seperti metode yang dulu dia terima dikelas sedangkan saat ini metode ceramah sudah kurang relevan lagi dengan perkembangan zaman karena yang dididik adalah generasi milenial yang memiliki akses yang cukup luas terhadap akses informasi.

Beberapa karakter yang harus dimiliki guru pada abad 21 adalah :

1.    Pembelajar Sepanjang Hayat

2.    Melek Dengan Perkembangan Teknologi

3.    Mampu Menggali Potensi Dari Peserta Didik

4.    Mengajar Tanpa Sekat Ruang Kelas

5.    Kreatif dan Inovatif

Dari beberapa karakter yang sudah dimiliki tersebut melalui pembelajaran Abad 21 siswa akan memiliki keterampilan berfikir kritis dan pemecahan masalah, kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama, kemampuan menciptakan dan membaharui, literasi teknologi informasi dan komunikasi, kemampuan belajar kontekstual serta kemampuan informasi dan literasi media.

0 komentar

Posting Komentar