Rabu, 16 September 2020

Dokumentasi Refleksi Modul Pendalaman Materi B. Indonesia

 


BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 3:49 PM

by KARTIKA SOLIHAT

Visible to participants on this course

Assalamualaikum, Wr. Wb

Alhamdulillah dengan mempelajari modul pendalaman materi Bahasa Indonesia, banyak pengethuan yang diperoleh dan sangat bermanfaat untuk saya serta dapat saya terapkan dikelas. Banyak muatan materi yang dapat saya pelajari dari KB1 sampai KB4 dalam modul ini, diantaranya:

1.      Ragam teks dan satuan pembentuk teks, yang terdiri dari: teks faktual, teks tanggapan, teks cerita dan teks normatif. Dalam modul ini guru belajar bagaimana memahami peserta didik dengan beragam karakter dan kemampuan bahasa.

2.      KB2 mengulas materi tentang Struktur dan kaidah kebahasaan teks fiksi, serta unsur-unsur teks fiksi secara luas dan mendalam yang mecangkup penguasaan materi Bahasa Indonesia di SD, selain itu guru dapat mengembangkan materi tersebut secara kreatif sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan meyenangkan.

3.      Dalam KB3 dijelaskan tentang teks nonfiksi serta mengembangkan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran. Sehingga dapat menunjang kompetensi professional, pedagigik, social, dan kepribadian guru.

4.      Apresiasi dan kreasi sastra anak, dalam modul ini saya dibekali pemahaman tentang konsep sastra anak, mengapresiasi satra anak, serta mengaplikasikannya dalam pembelajaran d Sekolah Dasar.

 

Permalink Add your comment

theresia wuri endriyati

MODUL BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 3:03 PM

by THERESIA WURI ENDRIYATI S.Pd

Visible to participants on this course

Edited by THERESIA WURI ENDRIYATI S.Pd, Thursday, 27 August 2020, 3:27 PM

Pembelajaran modul ini membuat saya semakin mengerti banyak hal tentang pembelajaran bahasa Indonesia,  dan bagaimana cara menerapkan di sekolah dasar.  dari modul ini banyak menambah wawasan tentang bagaimana  mengajar bahasa indonesia berdasarkan karakteristik anak.  lebih banyak memahami kembali tentang jenis- jenis sastra.
Hambatan saya dalam modul ini : tertalu panjang materi yang ada, sehingga susah dalam memahami materi materinya,

Permalink Add your comment

Rahmatullah

PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 2:54 PM

by RAHMATULLAH -

Visible to participants on this course

Alhamdulillah, setelah mempelajari Modul Pendalaman Materi Bahasa Indonesia ini banyak ilmu pengetahuan yang saya dapatkan. Perlu pemahaman yang lebih mendalam dalam mempelajari modul ini dengan singkatnya waktu, karena begitu kompleknya materi-materi penting yang ada pada modul ini. Saya berharap setelah mempelajari modul ini, saya dapat menerapkan dan melaksanakan pada proses pembelajaran di sekolah saya mengajar sesuai dengan tujuan yang harus dicapai dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia.

 

Permalink Add your comment

Picture of LIYA WIDIYAWATI

REFLEKSI MODUL 1 PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 2:30 PM

by LIYA WIDIYAWATI

Visible to participants on this course

Alhamdulillah…setelah mempelajari dan mendalami materi Bahasa Indonesia, saya merasa bertambah ilmu saya.diantaranya macam-macam atau jenis-jenis teks.Ragam teks terdiri dari teks faktual, teks tanggapan, teks cerita, dan teks normatif. Teks faktual adalah teks yang berisi suatu kejadian yang bersifat nyata, benar-benar terjadi, tetapi tidak terikat dengan waktu. Dengan kata lain, suatu kejadian yang faktual bisa terjadi di masa lalu ataupun masa sekarang. Teks faktual dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu teks deskripsi dan teks prosedur/arahan.

Teks tanggapan adalah teks yang berisi sambutan terhadap ucapan (kritik, komentar, dan sebagainya) dan apa yang diterima oleh pancaindra, bayangan dalam angan-angan. Teks tanggapan dibedakan menjadi dua buah teks, yaitu teks eksposisi dan teks ekplanasi.

Teks cerita adalah teks yang menuturkan bagaimana terjadinya suatu hal, peristiwa, kejadian, perbuatan, pengalaman, dan sebagainya. Teks cerita terdiri dari teks cerita ulang, naratif, anekdot, dan kesimpulan.

Satuan bahasa pembentuk teks terdiri dari kalimat dan paragraf.Kalimat adalah satuan gramatikal yang disusun oleh konstituen dasar dan intonasi final. Konstituen dasar itu dapat berupa klausa, frase, maupun kata.Paragraf dapat diartikan sebagai satuan gagasan di dalam bagian suatu wacana, yang dibentuk oleh kalimat-kalimat yang saling berhubungan dalam mengusung satu kesatuan pokok pembahasan. Dengan demikian, paragraf merupakan satuan bahasa yang lebih besar daripada kalimat.

 

Ikan asin dengan kuah

Ikan bawal ada dua

Rajin-rajinlah bersekolah

Jadi bekal ketika tua.

 

Permalink Add your comment

Picture of MASRUDIN MASRUDIN

PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 2:26 PM

by MASRUDIN MASRUDIN

Visible to participants on this course

Setelah mempelajari dan mendalami materi Bahasa Indonesia, saya mendapatakan tambahan Ilmu pengetahuan khususnya Bahasa Indonesia tentang materi-materi yang ada dalam KB 1 , KB 2, KB 3 dan KB 4 yaitu tentang ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks, struktur fungsi dan kaidah teks fiksi, nonfiksi, serta apresiasi dan kreasi sastra anak.

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang selalu diitegrasikan dengan mata pelajaran lain (Tematik) untuk pembelajaran di jenjang SD, dan dalam pendalaman materi ini siswa pada umumnya, memerlukan konsentrasi yang sangat penuh untuk bisa memahami dan membedakan suatu teks/wacana ke dalam ragam teks yang sesuai. 

Untuk apresiasi karya sastra anak, guru sudah melakukan penilaian dan pembelajaran sesuai dengan tingkatan usia siswa.

 

Permalink Add your comment

Picture of YENI ASYENI

NEW BLOG POST

Thursday, 27 August 2020, 12:57 PM

by YENI ASYENI

Visible to participants on this course

Di dalam mata pelajaran bahasa Indonesia, salah satu kompetensi yang harus dikuasai adalah materi kebahasaan tentang ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks.

Ragam teks adalah pengelompokkan teks berdasarkan isi dan bentuk teks di antaranya macam-macam atau jenis-jenis teks yang terdiri atas teks faktual, teks cerita, teks tanggapan, dan teks normative.

Teks fiksi adalah teks yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan imajinasi pengarang.Teks fiksi merupakan satu organisasi yang didukung oleh berbagai unsur yang terjalin satu sama lain dan yang secara bersama-sama membangun cerita, seperti tema, perwatakan, latar, alur, dan amanat. Teks fiksi memiliki struktur seperti orientasi, berisi pengenalan tema, tokoh, dan latar; komplikasi, berisi cerita tentang masalah yang dialami tokoh utama.

Teks nonfiksi dapat diartikan sebagai karya seni yang sifatnya berdasarkan fakta dan kenyataan serta ada kebenaran di dalamnya.Trim (2014) menjelaskan bahwa teks nonfiksi ialah tulisan berbasis data dan fakta sebenarnya disajikan dengan gaya bahasa formal atau nonformal berupa argumentasi, eksposisi, atau deskripsi. Pengertian tersebut menggambarkan perbedaan yang sangat kontras dengan teks fiksi sehingga, teks nonfiksi dapat dikatakan sebagai negasi  teks fiksi.

Sastra anak berkorelasi dengan dunia anak-anak dan bahasa yang digunakan sesuai dengan perkembangan intelektual dan emosional anak yang menempatkananak-anak sebagai fokusnya. Sastra anak sebagai sumber pembelajaran bahasa di sekolah dasar terdiri atas berbagai genre, yaitu: buku bergambar,fiksi realistik, fiksi sejarah, fantasi/fiksi ilmiah, sastra tradisional, puisi, dan biografi yang difiksikan. Tujuan pembelajaran sastra anak di sekolah dasar antara lain:memberi kebahagiaan dan kesenangan, mengembangkan imajinasi,menambah pengetahuan, mengembangkan berpikir kreatif,mengembangkan karakter, mengembangkan apresiasi sastra, mengembangkan kesadaran bersastra, dan menginterpretasi bacaan sastra.

 

Permalink Add your comment

Picture of NOVE ZALIKHA

REFLEKSI MODUL BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 12:45 PM

by NOVE ZALIKHA

Visible to participants on this course

Alhamdulillah bertambah lagi pemahaman dan ilmu yang telah kami dapatkan berkaitan dengan modul bahasa Indonesia ini. Banyak hal yang kami  pelajari diantaranya pendalaman materi kebahasaan khususnya untuk materi-materi pada kompetensi dasar jenjang Sekolah dasar,  terutama  bagaimana mengintegrasikan media belajar sesuai dengan tingkatan SD level bawah dan level atas. Ditambah juga guru diberikan arahan  bagaimana melakukan penilaian yang tepat dan diberikan contoh-contohnya,  seperti penilaian pengetahuan dalam pembelajaran teks  fiksi perlu diintegrasikan dengan keterampilan berbahasa sehingga tidak teoretis, contoh/ ilustrasi adalah  dalam pembelajaran mendongeng atau bercerita untuk pengembangan bahasa lisan siswa, maka penilaian harus diintegrasikan dengan penilaian menyimak, membaca dan menulis. Kami juga belajar bagaimana lebih memahami karya sastra anak, bagaimana mengapresiasikannya, serta strategi dan metode dalam proses pembelajaran sastra anak di sekolah dasar.  Salah satunya dalam kegiatan bersastra secara ekspresif/produktif, metode yang sesuai untuk digunakan dalam mengapresiasi sastra adalah metode produktif. Metode ini diarahkan pada aktivitas berbicara dan menulis. Siswa harus banyak berbicara atau menulis untuk menuangkan gagasan-gagasannya.Sastra anak-anak sebagai sumber pembelajaran bahasa di sekolah dasar terdiri atas berbagai jenis, yaitu: buku bergambar, fiksi realistik, fiksi sejarah, fantasi, fiksi ilmiah, sastra tradisional, puisi, biografi, dan otobiografi. Semua jenis tersebut dapat dijadikan bahan pembelajaran apresiasi asal disesuaikan dengan kondisi dan tingkat perkembangan anak-anak. Adapun bentuk strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran sastra anak di sekolah dasar adalah sebagai berikut:1)  Bercerita, 2)  Berbicara, 3)  Bercakap-cakap ,4)  Mengungkapkan pengalaman,  5)  Membacakan puisi,  6)  Mengarang terikat & bebas, 7)  Menulis narasi, deskripsi, eksposisi & argumentasi, 8)  Menulis berdasarkan gambar/visual,  9)  Mendramatisasikan karya sastra

Sedangkan metode yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran sastra anak di sekolah dasar adalah metode: menyimak, membaca (nyaring, dalam hati, bersama dll) menonton, mengarang,  roleplaying, dramatisasi, bermain drama, parafrase dan sebagainya. Harapan kami, setelah mempelajari modul bahasa Indonesia ini kami bisa menggunakannya dan mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia ke depannya agar didapatkan proses pembelajaran yang bermanfaat.  Aamiin.

Permalink Add your comment

Picture of SILVILIA KUMALA

REFLEKSI MODUL BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 11:47 AM

by SILVILIA KUMALA

Visible to participants on this course

Alhamdulilah, akhirnya saya mampu menyelesain pendalaman materi modul bahasa indonesia ini. 

Banyak sekali pengetahuan baru yang saya dapatkan tentang bahasa indonesia. Bahasa indonesia adalah ilmu pengetahuan yang sangat luas dan komplek. Dengan mempelajari modul ini saya menjadi tau apa itu ragam teks, apa struktur fungsi kaidah kebahasaan baik teks fiksi dan non fiksi, dan bagaimana mengapresiasi dan mengkreasikan sastra anak . Semua itu menjadi suatu pengetahuan yang baru untuk saya yang awalnya hanya sebatas tau bahwa pembelajaran bahasa indonesia itu cenderung dengan belajar membaca dan menulis. Namun dengan mendalami modul ini banyak yang harus kita perhatikan dalam mengajarkan pembelajaran sastra di sekolah dasar, diataranya yaitu : 

1. kita harus memahami karakteristik peserta didik

2. kita harus menguasai bahasa dan isi relevan dengan kehidupan anak

3. kita harus memahami kurikulum bahasa dan sastra indonesia

4. memahami sejarah dan teori sastra indonesia

5. memahami jenis sastra daerah, serta

6. memahami apresiasi sastra yang tinggi.

Dengan mempelajari modul ini, menjadi modal tersendiri bagi saya dalam mengajarkan materi bahasa indonesia di sekolah saya dalam rangka memberikan perubahan yang lebih baik lagi dalam pembelajaran bahasa indonesia di masa mendatang.

Permalink Add your comment

Picture of OJI HAERONI

REFLEKSI MODUL 1 - BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 11:27 AM

by OJI HAERONI

Visible to participants on this course

Setelah mempelajari modul1 pada pembelajaran Bahasa indonesia saya mendapatkan pengalaman tentang bagaimana kita mengajarkan sastra kepada siswa tingkat sekolah dasar. Salah satu contohnya adalah tentang memberikan materi tentang teks fiksi dan non fiksi. Dari sini saya mendapatkan bagaimana cara menguraikan suatu indikator untuk disesuaikan dengan materi pelajaran. Selain itu juga saya mendapatkan pembelajaran terbaik pada materi tentang keterampilan yang harus diberikan sesuai tingkatan usia,misal untuk kelas 1-3 Sd bisa diberikan materi menulis sesuai dengan pengamatan gambar,lingkungan keluarga dan lain lain,sedangkan pada kelas tinggi bisa diajarkan keterampilan berbahasa menulis surat,menyusun karangan narasi dan yang lainnya juga sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Ketika mendalami materi ini alhamdulilah tidak ada hambatan semua berjalan dengan lancar. Dari hasil refleksi ini saya akan mengembangkan pembelajaran bahasa indonesia lebih bermakna bagi anak dan mendapatkan pengalaman yang baik.  

 

Permalink Add your comment

Picture of NINA ROHMAWATI

APRESIASI KARYA SASTRA ANAK

Thursday, 27 August 2020, 11:25 AM

by NINA ROHMAWATI

Visible to participants on this course

Alhamdulillahirobbil’alamiin.

Banyak ilmu yang didapat dalam mempelajari modul pendalaman Bahasa Indonesia ini. Diantara kompetensi yang harus dikuasai dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia antara lain:

§  Ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks

§  Struktur kaidah kebahasaan teks fiksi dan nonfiksi

§  Apresiasi dan kreasi sastra anak.

 Teks fiksi merupakan  teks yang berisi kisah  atau cerita  yang dibuat berdasarkan imajinasi pengarang. Pemahaman tentang struktur, fungsi dan kebahsaan teks fiksi dapat membantu menciptakan komeksi antara pembaca dan penulis.

Pembelajaran sastra  di SD bertujuan membina apresiasi anak SD terhadap karya- karya sastra, sehingga anak dapat mengembangkan kearifan kejelian dan ketelitian untuk menangkap isyarat dalam kehidupan tercermin  dalam karya sastra. Keindahan sastra terletak pada pengelolaan bahan pokoknya melalui bahasa

Kreasi sastra anak dapat mengembangkan wawasan anak menjadi perilaku insani. Melalui karya sastra yang luas dapat membuat anak mengerti dunia. Melalalui sastra imajinasi anak dapt berkembang untuk memikirkan alam, pengalaman, insan atau gagasan dengan berbagai cara.

Permalink Add your comment

Picture of MARYAM

BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 11:24 AM

by MARYAM

Visible to participants on this course

Alhamdulillah syukur yang tak terkira masih diberikan kesempatan untuk mengikuti pendalaman modul Bahasa Indonesia.  Melalui modul ini, saya mendapatkan pemahaman terkait dengan Ragam teks, Teks Fiksi, Teks Nonfiksi, serta Apresiasi dan Kreasi Sastra Anak.

Saya berharap ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan ini mampu  saya terapkan dalam praktik pembelajaran di kelas dengan sebaik-baiknya.

Permalink Add your comment

Picture of MARINA DEWI

BAHASA INDONESIA, JATI DIRI BANGSA

Thursday, 27 August 2020, 11:20 AM

by MARINA DEWI

Visible to participants on this course

Alhamdu lillahi rabbil 'alamin, segala puji bagi Allah SWT.

Melalui kegiatan membaca dan memahami modul Pendalaman Materi Bahasa Indonesia ini menyadarkan kepada saya bahwa Bahasa Indonesia adalah Bahasa yang indah dan kompleks. Menyadari bahwa Bahasa Indonesia memiliki struktur, ragam, jenis, dan cakupan yang sangat luas untuk dipelajari dan diterapkan dalam pembelajaran.

Bangga memiliki Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan bangsa yang menyatukan tiap-tiap suku bangsa di Indonesia untuk mampu berkomunikasi lisan dengan bahasa yang sama. Tugas kita untuk menanamkan rasa cinta peserta didik terhadap bahasa Indonesia. Tugas kita sebagai pendidik untuk mengajarkan dan mengarahkan peserta didik dalam penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Maka saya pun harus terus belajar dan berlatih untuk mengembangkan kemampuan dalam berbahasa Indonesia dengan banyaknya ragam dan jenis di dalamnya. 

Permalink Add your comment

Picture of RINA HERLIYANA

REFLEKSI MODUL BAHASA INDONSIA

Thursday, 27 August 2020, 11:18 AM

by RINA HERLIYANA

Visible to participants on this course

Mempelajari Bahasa Indonesia oleh orang awam di percaya sangatlah mudah, karena Bahasa Indonesia adalah bahasa yang di gunakan oleh kita sejak kecil sampai sekarang, tidak perlu rumus yang sistematis dan istilah rumit yang tidak di kenal. Namun tidak demikian bagi kita seorang pengajar. Bahasa Indonesia selain bahasa untuk berkomunikasi dengan sesama, banyak pelajaran dan makna yang terkandung dalam mempelajari materi Bahasa Indonesia.

Apalagi setelah saya mempelajari modul Pendalaman Bahasa Indonesia ini, pengetahuan saya tentang pembelajaran Bahasa Indonesia semakin bertmabah, saya lebih mengenal tentang Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks, dan Sastra Anak. Namun dengan waktu yang begitu singkat dan banyaknya materi yang ada pada modul ini rasanya sulit bagi saya untuk lebih memahami modul ini secara utuh. Namun harapan saya setelah mempelajari modul ini saya bisa memberikan Pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih menyenangkan dari sebelumnya, sehingga siswa merasa lebih tertarik dan lebih giat dalam mengikuti pembelajaran yang saya berikan.

Permalink Add your comment

Picture of SUHANDA -

REPLEKSI MODUL BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 10:17 AM

by SUHANDA -

Visible to participants on this course

Assalamualaikum wr.wb

Alhamdulilah tahapan modul sudah saya pelajari dan akhirnya sekarang saya sudah mempelajari modul Bahasa Indonesia, pada modul ini tentunya saya banyak sekali menimba ilmu terutama pada modul satu saya dapat mempelajari bagai mana cara menganalisis berbagai ragam teks,menganalisis satuan bahasa pembentuk teks dan merancang pembelajaran ragam teks di sekolah dasar. Dan merupakan pelajaran yang sangat penting karena akan dikembangkan dalam proses pembelajaran ditempat saya mengajar. Dan pada modul ini saya banyak mempelajari berbagai macam teks dan kalimat.

Selanjutnya modul ini sudah baik karena kemasan materi sudah lengkap dan disertai dengan contoh-contohny sihingga mudah dipahami. Adapun kesulitan mempelajari modul ini yang pertama dengan terbatasnya waktu sehingga saya harus mempelajari secara maraton. Semoga dengan mempelajari modul ini ilmu dan pengetahuan saya lebih bertambah terutama dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

 

Permalink Add your comment

Picture of MAKRONI

TANTANGAN MENGAJAR BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 9:49 AM

by MAKRONI

Visible to participants on this course

Edited by MAKRONI , Thursday, 27 August 2020, 9:51 AM

Bismillahirrahmanirrahiim..

Setelah mempelajari isi modul E tentang "Pendalaman Materi Bahasa Indonesia" ini Saya sebagai guru teringat tentang keadaan siswa saat mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Kadang sering dijumpai peserta didik yang kurang tertarik untuk mempelajari Bahasa Indonesia karena pelajaran Bahasa Indonesia sering diidentikan dengan pelajaran yang mengharuskan siswa untuk banyak membaca baik membaca cerita, membuat contoh kalimat, menganalisis isi paragraf dan lain sebagainya. Bagi siswa terkadang membaca cerita merupakan kegiatan yang cukup membosankan karena setelah membaca siswa merasa mengantuk. Dengan melihat fakta ini Saya sebagai guru semakin aware bahwa mengajarakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan  memiliki tantangannya sendiri dan membutuhkan metode yang tepat agar materi yang diajarakan dapat tersampaikan dengan baik. Sebagai seorang guru hendaknya Kita mampu untuk dapat terus membangkitkan motivasi serta semangat belajar Bahasa Indonesia para peserta didik karena bahasa merupakan salah satu identitas susatu bangsa. Penggunaan metode mengajar yang tepat, penerapan pendekatan yang baik, dan pemahaman terhadap karakteristik dan perkembangan bahasa peserta didik mutlak diperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dan siswa memahami apa yang guru sampaikan. Dengan mempelajari bahasa Indonesia berarti Kita sedang mempelajari identitas bangsa Kita sendiri.

Permalink Add your comment

Picture of EKA BUDIARTI

REFLEKSI MODUL BAHASA INDONESI

Thursday, 27 August 2020, 9:45 AM

by EKA BUDIARTI

Visible to participants on this course

pada pendalaman materi bahasa indonesia saya sangat bersyukur dapat belajar dan memahami modul ini dengan lancar. banyak ilmu pengetahun bahasa indonesia yang saya dapatkan. diantaranya ragam tek dansatuan ragam pembentuk teks dan bagian-bagia yang lainnya.
namun ada beberapa kendala yaang saya alami pada modul pendalaman materi bahasa indonisia salah satunya yaitu isi pembahasan modul yang terlalu banyak  dan dengan kondisi waktu yang singkat, tentunya membuat saya kesulitan dalam memahani isi modul ini termasuk  dalam memahami jenis-jenis cerita.
namun saya berharap ilmu yang saya daptkan pada modul ini dapat saya terapkan dan bermanfaat untuk saya dan khususnta untuk peserta didik saya. amin

Permalink Add your comment

Picture of ANNISA DINI DAINILLAH

PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 9:44 AM

by ANNISA DINI DAINILLAH

Visible to participants on this course

Alhamdulillah…setelah mempelajari dan mendalami materi Bahasa Indonesia, saya merasa bertambah dan  terasah kembali pengetahuan tentang materi yang ada dalam KB 1 sampai KB 4 yaitu tentang ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks, struktur fungsi dan kaidah teks fiksi, nonfiksi, serta apresiasi dan kreasi sastra anak.

Bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang selalu diitegrasikan dengan mata pelajaran lain (Tematik) untuk pembelajaran di jenjang SD, dan dalam pendalaman materi ini siswa pada umumnya, memerlukan konsentrasi yang sangat penuh untuk bisa memahami dan membedakan suatu teks/wacana ke dalam ragam teks yang sesuai. Untuk apresiasi karya sastra anak, guru sudah melakukan penilaian dan pembelajaran sesuai dengan tingkatan usia siswa.

Semoga ke depannya, dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia(Tematik) lebih baik lagi dan selalu ada perbaikan-perbaikan sesuai dengan aturan dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran, agar tujuan pembelajaran bisa tercapai secara optimal.

 

Permalink Add your comment

Picture of EVILIA QOMARIYAH

REFLEKSI PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Thursday, 27 August 2020, 8:37 AM

by EVILIA QOMARIYAH

Visible to participants on this course

Setelah mempelajari modul pendalaman materi Bahasa Indonesia, saya mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat. Diantaranya tentang ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks. Selain itu saya juga mengetahui struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan teks fiksi maupun nonfiksi serta ruang lingkup sastra anak, yang meliputi semua jenis penulisan kreatif dan imajinatif.

Hal yang menjadi kendala saya adalah banyaknya materi yang disajikan pada modul, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk memahami modul secara utuh. Bahkan saya perlu membaca ulang untuk lebih memahami materi yang ada di modul.

Tidak dipungkiri bahwa selama ini Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang kurang diminati, karena terlalu banyaknya teks bacaan yang kurang menarik minat siswa untuk membacanya. Hal ini kemudian diperburuk dengan lemahnya daya baca siswa. Harapan saya sebagai seorang guru semoga saya mampu menyiapkan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih menyenangkan buat siswa kedepannya, sehingga mampu mengembangkan kemampuan peserta didik sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya.

 

Permalink Add your comment

Picture of KHURAEROTUD DAROZAH

REFLEKSI MATERI BAHASA INDONESIA

Wednesday, 26 August 2020, 11:00 PM

by KHURAEROTUD DAROZAH

Visible to participants on this course

Bismillah…

Setelah membaca materi modul bahasa Indonesia ini setidaknya banyak gambaran tentang bagaimana cara penyampaian materi kebahasaan yang baik dan benar. Karena terkadang dalam menyampaikan materi bahasa Indonesia kita sebagai pendidik harus benar-benar tahu trik penggunaan media dan model pembelajaran yang pas agar minat siswa muncul dalam pembelajaran ini. Pembelajaran bahasa Indonesia bagi sebagian peserta didik merupakan pelajaran yang cukup membosankan karena tidak jauh dari menelaah kalimat, mencari pokok pikiran utama dalam paragraf, membuat kalimat, karangan, dan lain sebagainya. Intinya materi pada bahasa Indonesia tidak jauh dari bacaan-bacaan yang cukup panjang, dan yang menjadi kendala selama saya mengajar pada saat pembelajaran membuat kalimat, membuat karangan, serta menulis laporan (tugas-tugas menulis) anak-anak terkendala kosa kata bahasa Indonesia yang baik dan benar, karena terbiasa menggunakan bahasa daerah dan jika diberikan contoh mereka akan terpaku dari contoh yang diberikan guru.

Dalam modul bahasa Indonesia ini, kami peserta didik diberi arahan dalam merancang perencanaan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan konteks ragam dan satuan bahasa pembentuk teks dengan konteks struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan teks fiksi di sekolah dasar, bagaimana memahami peserta didik dengan karakter yang beragam dari segi perkembangan bahasa anak. Mengingat siswa sekolah dasar memerlukan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.

Sedikit ada kendala dalam memahami modul Bahasa Indonesia ini, karena materi yang cukup banyak. Terutama di KB 1, di awal pembahasan sudah disajikan berbagai bentuk teks bacaan yang beragam, padahal menurut saya alangkah baiknya dari pembahasan langsung ke contoh teks atau sebaliknya supaya tidak membuat bingung pembaca. Dan kendala lain yang saya hadapi adalah jaringan yang agak lumayan sulit, sehingga masuk ke laman LMS saja butuh waktu lama sehingga fokus saya agak terpecah dalam pembahasan modul ini. Tapi dengan kesabaran semuanya bisa dihadapi sehingga saya bisa menyelesaikan tugas hingga ke refleksi. Semoga pembelajaran bahasa Indonesia yang akan saya sajikan nanti membuat anak-anak lebih termotivasi untuk menjadi aktif dan kreatif setelah saya mendalami materi modul bahasa Indonesia ini.

 

Permalink Add your comment

Picture of FRANSISKA OKTA SIANA TRI RAHAYU

PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Wednesday, 26 August 2020, 10:51 PM

by FRANSISKA OKTA SIANA TRI RAHAYU

Visible to participants on this course

Puji  dan syukur saya  ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa

Setelah mempelajari materi yang ada didalam  modul ini saya sebagai seorang guru akan belajar tentang bagaimana memahami peserta didik dengan karakter dan kemampuan bahasa yang beragam dari segi perkembangan bahasa,ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks. disamping itu sebagai guru diminta merancang pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran bahasa indonesia yang sesuai dengan konteks ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks.  pembelajaran pada modul 5 Kb 1 tujuan yang harus dicapai dalam implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa indonesia disekolah dasar materi-materi yang disajikan relevan dengan kmpetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru profesional ketika mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa

pada Kb 2 saya belajar bagaimana memahami peserta didik dengan karakter yang beragam dari segi perkembangan bahasa anak.  dari pemahan tersebut kolerasinya yaitu sebagai guru akan merancang rpp serta evaluasi ppembelajaran bahasa indonesia yang sesuai dengan konteks struktur kunci dan kaidah kebahasaan teks fiksi di Sd

pada Kb3 dikuatkan pada pemahaman mengenai materi tentang teks non fiksi (soft skill) serta mengembangkan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam belajar (hard skill )

pada Kb4 memahami tentang apreseasi anak di Sd didalam apreseasi tersebut dibagi menjadi dua yaitu apreseasi secara resektif dan apreseasi secara ekspesif atau produktif

hal yang paling menarik pada modul 5 yaitu pada materi apreseasi dan kreasi sastra serta kendala yang saya temui setelah membuka modul ini pendalaman materi bahasa indonesia ternyata  materinya banyak sekali dimana untuk membaca modul ini memrlukan ketelitn dan pemahaman ekstra.

 

Permalink Add your comment

Asep Hilmi, S.Pd

MANFAAT BAGI PRIBADI

Wednesday, 26 August 2020, 10:05 PM

by ASEP HILMI

Visible to participants on this course

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT, setelah saya mempelajari modul pendalaman Bahasa Indonesia ini banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan, yang nanti akan saya terapkan pada pembelajaran di sekolah saya, terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terintegrasi pada pembelajaran tematik.

Namun untuk mendalami semua materi yang ada pada modul ini tidak cukup hanya di baca dalam waktu 3 hari saja, apalagi bagi orang seperti saya yang kurang dapat menyerap materi dengan waktu yang singkat. Namun demikian setelah kegiatan PPG ini selesai, saya akan terus mempelajari semua modul yang telah saya pelajari di PPG ini. Semoga saya diberikan kemudahan dalam setiap tahapan kegiatan PPG ini sampai nanti bias lulus PPG.

 

Permalink Edit Delete Add your comment

Picture of ANENGSIH

REFLEKSI PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Wednesday, 26 August 2020, 8:48 PM

by ANENGSIH

Visible to participants on this course

Edited by ANENGSIH , Wednesday, 26 August 2020, 9:19 PM

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah setelah mempelajari modul1. Pendalaman materi bahasa Indonesia, saya mendapatkan pengetahuan yang sangat bermanfaat nantinya untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas yang saya kelola. Diantaranya pengetahuan tentang ragam teks dan satuan Bahasa pembentuk teks. Selain itu juga dapat mengetahui struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan teks fiksi dan nonfiksi serta ruang lingkup sastra anak, yaitu meliputi semua jenis penulisan kreatif dan imajinatif yang khusus untuk dibaca dan menghibur anak-anak.

Setelah mempelajari modul saya jadi mengetahui bahwa pembelajaran sastra pada anak lebih kepada apresiasi sastra anak.  Adapun apresiasi sastra anak yang dimaksudkan adalah kegiatan menggali, menghayati karya sastra yang sesuai dengan anak-anak, sehingga tumbuh kecintaan, kesenangan dan penghargaan terhadap karya sastra.

Selama ini Bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang kurang diminati, karena terlalu banyaknya teks bacaan yang kurang menarik minat siswa untuk membacanya. Hal ini kemudian diperburuk dengan lemahnya daya baca siswa. Setelah mempelajari modul pendalaman Bahasa Indonesia ini semoga saya mampu menyiapkan pembelajaran Bahasa Indonesia yang lebih menyenangkan buat siswa kedepannya.

Hal yang menjadi hambatan dalam mempelajari modul ini adalah, banyaknya materi yang disajikan pada modul dengan disertai contoh teks bacaan yang mengajak kita menganalisis bacaan tersebut untuk lebih memahami materi. Dalam hal ini  memerlukan waktu yang cukup lama untuk memahami modul secara utuh. Bahkan pada beberapa bagian saya perlu  membaca ulang untuk lebih memahami materi.

Sebaiknya setelah mempelajari modul kemudian kita bisa melakukan simulasi atau menerapkan teori yang didapat melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Namun kondisi pandemi Covid-19 tidak memungkinkan pembelajaran berlangsung secara normal. Hal yang dapat dilakukan untuk lebih memahami materi pembelajaran di modul ini adalah dengan komunikasi aktif bersama teman kelompok dalam ruang diskusi, menyimak penjelasan Dosen ketika web meeting, serta meluangkan waktu untuk membaca dan memahami modul lebih lanjut.

Sekian refleksi saya setelah mempelajari modul pendalaman bahasa Indonesia. Dalam hal ini saya sangat berterima kasih atas kerja sama kelompok hijau untuk lebih memahami materi, juga pada Bu Dosen atas panduannya. Tidak lupa pada pihak kampus dan Kemdikbud yang telah menyediakan LMS sehingga memungkinkan kami belajar secara mandiri. Barakallahu fiikum Jami’an….



Permalink Add your comment

Picture of SITI JUARIAH

BAHASA INDONESIA

Wednesday, 26 August 2020, 7:41 PM

by SITI JUARIAH

Visible to participants on this course

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT saya bisa mempelajari modul pendalaman Bahasa Indonesia ini dari KB 1 sampai KB 4 dengan semangat. Meski sangat luar biasa muatan materinya sangat banyak sehingga butuh waktu yang lama untuk mempelajari setiap KB. Alhamdulillah banyak manfaat yang didapat yaitu berupa pengetahuan yang bertambah mengenai ragam teks, dll. Kendala yang dialami dalam hal akses LMS terkadang loadingnya lama dan harus sering direfresh. Tapi alhamdulillah bisa menyelesaikan semua KB dan merangkumnya.

Permalink Add your comment

Picture of DETI YUMYATI

REFLEKSI PENDALAMAN MATERI BAHASA INDONESIA

Wednesday, 26 August 2020, 5:56 PM

by DETI YUMYATI

Visible to participants on this course

Edited by DETI YUMYATI , Thursday, 27 August 2020, 6:56 AM

Assalamu 'alaikum Wr. Wb

Pengalaman  mempelajari modul 1 Pendalaman Materi Bahasa Indonesia  yang saya rasakan adalah 

Pada KB 1 saya belajar tentang bagaimana memahami peserta didik dengan karakter dan kemampuan bahasa yang beragam dari segi perkembangan bahasa, ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks, langkah merancang perencanaan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan konteks ragam teks dan satuan bahasa pembentuk teks.

Pada KB 2 belajar bagaimana memahami peserta didik dengan karakter yang beragam dari segi perkembangan bahasa anak. Dari pemahaman tersebut korelasinya adalah Saudara akan merancang perencanaan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dengan konteks struktur, fungsi, dan kaidah kebahasaan teks fiksi di sekolah dasar.

Pada KB 3 menguatkan pemahaman mengenai materi tentang teks nonfiksi (soft skill) serta mengembangkan metode pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran (hard skill). Hal tersebut akan menunjang peningkatan kompetensi profesioanl, pedagogik, sosial, dan kepribadian guru yang diharapkan serta sesuai dengan implementasi Kurikulum 2013. Kompetensi yang dimiliki tersebut diharapkan memfasilitasi aktivitas belajar siswa sekolah dasar khususnya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yang secara umum anak usia sekolah dasar memiliki karakteristik sudah dapat melakukan seriasi, mengelompkan objek yang dilihatnya, memiliki minat terhadap angka dan tulisan, perbendaharaan kata meningkat, senang berbicara dan aktif bertanya, memahami sebab akibat, pemahaman terhadap ruang dan waktu telah berkembang.

Pada KB 4  memahami  bahwa Apresiasi dan kreasi sastra anak memiliki relevansi dengan komponen kebahasaan (fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, dan wacana) dan aspek keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis).

Yang paling menarik adalah, terdapat banyak cerita dan Puisi , menjadikan saya tidak bosan, imajinasi saya kembali tergugah , untuk membuat puisi dan prosa, semoga  nanti, saya membuat  puisi yang indah dan bagus sesuai dengan karakteristik peserta didik dan.sebagai penunjang pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas saya nanti.

Kendala dalam mempelajari modul ini adalah butuh waktu yang cukup lama untuk membaca dan memahami , bahkan saya harus berulang membaca modul, ini mungkin karena faktor usia yang tak lagi muda, peribahasa  mengatakan ''bagaikan air di daun talas" tapi tidak lantas menyurutkan semangat saya, walaupun lambat asal selamat, saya sudah menyelsaikan kegiatan belajar sampai dengan KB 4.

 


0 komentar

Posting Komentar